Breaking News

Telapak Kaki Kesemutan

Telapak Kaki Kesemutan
Selasa, 13 Nopember 2012/28 Zulhijjah 1433 H

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

   Dokter, saya punya keluhan pada kaki. Telapak dan jari-jari kaki terasa sakit digunakan berjalan, seperti kesemutan. Apalagi kalau habis tidur. Saya pernah ke dokter, kata dokter karena pengaruh gula darah.

   Setelah diperiksa, gula darah saya waktu itu 240 mg/dl. Saya diberi obat, tetapi sakit saya tidak hilang, padahal saya sudah diet gula. Saya coba tes gula darah, hasilnya 90 mg/dl. Tapi, mengapa kaki saya masih sakit?

   Apakah ini ada penyebab lain? Saya setiap hari mengonsumsi habbatussauda, pagi dan malam. Sekali minum 3 butir kapsul. Saya juga minum mengkudu tiap hari 1 gelas yang direbus dengan air.

  Mohon saran dokter, saya harus bagaimana dan minum obat apa? Atas penjelasannya, saya ucapkan terima kasih?

Maswar
Probolinggo, Jawa Timur



Jawab:

Wa’alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

   Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala (SWT) memberikan kesembuhan kepada Bapak. Kondisi yang Bapak alami seperti sekarang ini bisa disebabkan gangguan mineral dalam tubuh atau juga sumbatan aliran darah pada pembuluh darah.

   Gangguan atau kekurangan mineral seperti ini bisa diakibatkan karena berkurangnya beberapa mineral seperti: kalsium, kalium, dan magnesium dalam tubuh. Mineral-mineral ini berperan dalam mentransmisikan impul saraf di tubuh kita, biasanya mengakibatkan keluhan seperti yang Bapak rasakan sekarang.

   Untuk mineral seperti itu, Bapak bisa mengambilnya dari sumber alami seperti teripang atau gamat, kurma, madu dan buah-buahan seperti; wortel, anggur dan apel.

   Sedangkan untuk pembersih darah yang diakibatkan oleh kondisi darah yang tidak lancar dan terlalu kental, Bapak bisa menggunakan herbal-herbal yang pahit seperti sambiloto dan mahkota dewa. Bisa juga menggunakan herbal kunyit dan secang sebagai pembersih darah pada kondisi ini.

   Yang juga penting pada kondisi seperti yang Bapak alami ini adalah pembekaman secara rutin dan usahakan mengurangi konsumsi daging. Baik pula berpuasa hari Senin-Kamis atau puasa-puasa Sunnah lainnya.

   Ganti bahan pemanis dengan pemanis alami seperti madu, gula aren, gula singkong, atau gula batu. Sebab, biasanya selain dari pemanis ini akan menimbulkan gangguan kesehatan.

   Untuk camilan, gantilah camilan dengan buah atau camilan dalam bentuk kukus atau rebus yang jauh lebih sehat dan bermanfaat.

   Disamping itu, usahakan ada gerak berupa olahraga yang dilakukan secara teratur dan regular sesuai kebutuhan Bapak.

   Semoga Bapak diberikan kesembuhan atas penyakit yang Bapak derita saat ini, dan diberikan kesabaran. Amin*

Dr Zaidul Akbar

Suara Hidayatullah | Edisi 02 | XXV | Juli 2012/Sya’ban 1433 | Hal 62

No comments