Anak Bingung Menjumlahkan Pecahan
Selasa, 23 Maret 2010 / 7 Rabiul Akhir 1431
Assalamu’alaikum,
Bu anak saya kebingungan saat harus menjumlahkan pecahan. Misalnya: 1/3 + 1/2 = ….
Cara yang selama ini saya ketahui adalah dengan menyamakan penyebut, tetapi hal ini ternyata sulit dia pahami. Tolong bantuan Ibu.
Wassalam
Seorang Ibu di Jakarta
Wa’alaikum salam Wr. Wb,
Ibu yang baik, saya senang Ibu mengajukan pertanyaan ini. Terkadang, ketika orang tua merasa frustasi mengajari anak-anaknya, mereka hanya menggunakan jurus pamungkas, yakni “berteriak”. Hal ini bukannya membantu si anak, malah membuat anak malas belajar.
Apakah Ibu sudah pernah mendiskusikan masalah ini dengan guru di kelasnya? Komunikasi ini diperlukan agar Ibu bisa mengetahui cara-cara apa saja yang telah dicoba di kelasnya.
Mungkin saja kesulitan anak Ibu terjadi karena dia tidak bias membayangkan makna 1/2 + 1/3. Oleh karena itu, Ibu atau guru harus memulainya dengan konsep.
Berikut ini adalah salah satu cara mengajarkan konsep penjumlahan pecahan:
1. Cek kembali, apakah anak sudah memahami konsep pecahan (1/2, 1/3, 1/4, dst). Misalnya, berikan kepadanya sebuah roti panjang dan mintalah untuk membaginya menjadi dua bagian.
“Coba kamu bagi roti ini sama panjang, setengah buat kamu dan setengah buat adik. Jadi, setengah ditambah setengah sama dengan berapa?” Dari roti, Ibu bias mengembangkannya ke balok, kertas lalu gambar (dari nyata ke imajiner). Setelah dia mengerti makna / konsep pecahan, silahkan lanjutkan langkah-langkah berikut.
2. Tolong Ibu buatkan beberapa model pecahan di atas kertas tebal [karton, dsb]:
Lalu Ibu gunting tiap bagian dari pecahan di atas.
3. Sediakan beberapa kerangka pecahan [ 1/4, 1/5, 1/6, 1/8, 1/10, dsb]. Kecuali A, semua kerangka dibuat berlubang:
4. Minta anak untuk meletakkan potongan pecahan 1/2 dan 1/3 di kerangka A. Lalu minta anak untuk mencari kerangka lain yang cocok untuk mencari besar kedua potongan tersebut. Letakkan di atasnya
Ajak anak menghitung bagian yang berwarna. Tunjukkan bahwa hasil dari 1/2 + 1/3 = 5/6.
5. Ulangi dengan beberapa soal lain hingga anak memahami konsep penjumlahan pecahan. Setelah itu, berilah dia soal yang sulit dijawab dengan m,enggunakan model.
Di sinilah perlunya cara penyamaan penyebut. Ajarkan kembali cara penyamaan penyebut dan tunjukkan bahwa hasilnya sama dengan menggunakan model.
Demikian masukan dari saya. Semoga membantu.
Erma Pawitasari
Pakar Pendidikan
Suara Islam Edisi 64, Tanggal 3-17 April 2009 M / 7 – 21 Rabiul Akhir 1430 H, Hal 23
No comments